Posted by Unknown | 0 comments

Keutamaan Membaca Dan Mengkaji Al-Qur'an


Keutamaan Membaca Dan Mengkaji Al-Qur'an
Allah 'Azza wa Jalla berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allahswt dan mendirikan sembahyang dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kamianugerahkan kepada mereka dengaan diam-diam dan terang-terangan, mereka itumengharapkan perniagaan  yang tidak akan merugi. Agar Allah swtmenyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka darianugerah-Nya. Sesungguhnya Allah swt Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." (QSFathiir 35:29-30)

Telah saya sebut dari Usman bin Affan ra, katanya : rasulullah saw bersabda:
"Sebaik-baik kamu ialah orang yang belajar Al-Qur'an danmengajarkannya."
(Riwayat Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin IbrahimAl-Bukhari dalam Shahihnya)

Diriwayatkan daripada Aisyah ra, katanya: Rasulullah saw bersabda:
"Orang yang membaca Al-Qur'an sedangkan dia mahirmelakukannya, kelak mendapat tempat di dalam Syurga bersama-sama denganrasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an,tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak beratlidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala." (Riwayat Bukhari dan Abul Husain Muslim bin Al-Hujjaj bin Muslim Al-Qusyaiy An-Nisabury dalam duakitab Shahih mereka. (Riwayat Bukhari & Muslim)

Diriwayatkan daripada Abu Musa Al-Asy'aru ra, katanya:rasulullah saw bersabda:"Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur'anadalah seperti buah Utrujjah yang baunya harum dan rasanya enak. Perumpamaanorang mukmin yang tidak membaca Al-Qur'an seperti buah kurma yang tidak berbausedang rasanya enak dan manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'anadalah seperti raihanah yang baunya harum sedang rasanya pahit. Dan perumpamaanorang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an adalah seperti hanzhalah yang tidakberbau sedang rasanya pahit." (Riwayat Bukhari & Muslim)

Diriwayatkan dari Umar bin Al-Kattab ra, bahwa Nabi saw bersabda:
"Sesunggunya Allah swt mengangkat derajat beberapa golonganmanusia dengan kalam ini dan merendahkan derajat golongan lainnya." (RiwayatBukhari & Muslim)

Diriwayatkan daipada Abu Umamah ra, katanya: Aku medengar Rasulullah saw bersabda:
"Bacalah Al-Qur'an karena dia akan datang pada hari Kiamatsebagai juru syafaat bagi pembacanya."(Riwayat Muslim)

Diriwayatkan dari pada Ibnu Umar ra, dari pada Nabi saw Baginda Bersabda:
"Tidak bisa iri hati, kecuali kepada dua seperti orang:yaitu orang lelaki yang diberi Allah swt pengetahuan tentang Al-Qur'an dandiamalkannya sepanjang malam dan siang; dan orang lelaki yang dianugerahi Allahswt harta, kemudian dia menafkahkannya sepanjang malam dan siang." (RiwayatBukhari & Muslim)

Telah saya sebut pula dari Abdullah bin Mas'ud ra dengan lafaz:
"Tidak bisa iri hati, kecuali kepada dua macam orang: yaituorang lelaki yang dianugerahi Allah swt harta, kemudian dia membelanjakannyadalam keperluan yang benar. Dan orang lelaki yang dianugerahi Allah swt hikmah(Ilmu), kemudian dia memutuskan perkara dengannya dan mengajarkannya."

Diriwayatkan daripada Abdullah bin Mas'ud ra, katanya:Rasulullah saw bersabda:
"Barangsiapa membaca satu huruf Kitab Allah, maka diamendapat pahala satu kebaikan sedangkan satu kebaikan dibalas sepuluh kalilipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif, satu hurufdan Lam satu huruf serta Mim satu huruf."(Riwayat Abu Isa Muhammad bin IsaAt-Tirmidzi dan katanya: hadits Hasan Shahih)

Diriwayatkan daripada Abu Said Al-Khudri ra daripada Nabisaw Baginda bersabda, Allah berfirman:
"Barangsiapa disibukkan dengan mengkaji Al-Qur'an danmenyebut nama-Ku, sehingga tidak sempat meminta kepada-KU, maka Aku berikankepadanya sebiak-baik pemberian yang Aku berikan kepada orang-orang yangmeminta. Dan keutamaan kalam Allah atas perkataan lainnya adalah seperti,keutamaan Allah atas makhluk-Nya." (Riwayat Tirmidzi dan katanya: hadits hasan)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, katanya: Rasulullah saw bersabda:
"Sesungguhnya orang yang tidak terdapat dalam ronggabadannya sesuatu dari Al-Qur'an adalah seperti rumah yang roboh." (RiwayatTirmidzi dan katanya: hadits hasan sahih)

Diriwayatkan daripada Abdullah bin Amrin Ibnul Ash ra daripada Nabi saw bersabda:
"Dikatakan kepada pembaca Al-Qur'an, bacalah dan naiklahserta bacalah dengan tartil seperti engkau membacanya di dunia karenakedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca." (Riwayat Abu Dawud,Tirmidzi dan Nasa'I, Tirmidzi berkata, hadits hasan sahaih)

Diriwayatkan dari Mu'adz bin Anas ra bahwa Rasulullah sawbersabda:
"Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan isinya, Allahmemakaikan pada kedua orang tuanya di hari kiamat suatu mahkota yang sinarnyalebih bagus dari pada sinar matahari di rumah-rumah di dunia. Maka bagaimanatanggapanmu terhadap orang yang mengamalkan ini."(Riwayat Abu Dawud)

Ad-Darimi meriwayatkan dengan isnadnya dari Abdullah bin mas'ud daripada Nabi saw:
"Bacalah Al-Qur'an karena Allah tidak menyiksa hati yangmenghayati Al-Qur'an. Dan sesungguhnya Al-Qur'an ini adalah jamuan Allah, makasiapa yang masuk di dalamnya, dia pun aman. Dan siapa mencintai Al-Qur'an, makaberilah kabar gembira."

Diriwayatkan daripada Abdul Humaidi Al-Hamani, katanya: "Akubertanya kepada Sufyan Ath-Thauri, manakah yang lebih engkau sukai, orang yangberperang atau orang yang membaca Al-Qur'an?" Sufyan menjawab: "MembacaAl-Qur'an. Karena Nabi saw bersabda. 'Orang yang terbaik di antara kamu adalahorang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya."

Semoga kita bisa mengambil Hikmah dari notes ini

Silahkan SHARE ke rekan anda jika menurut anda notes ini bermanfaat

Sumber : At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Quran
BAB I : Keutamaan Membaca Dan MengkajiAl-Qur'an
Karya: Abu Zakariya Yahya Muhyiddin bin Syaraf bin Hizam An-Nawawi (Imam Nawawi)



0 comments: